Social Icons

Pages

Jumat, 23 April 2021

Agen Kincir Semarang

Agen Kincir Semarang
Agen Kincir Semarang

Distributor atau Agen Kincir untuk wilayah Semarang meliputi area : Semarang, Jogja, Purworejo, Kebumen, Pekalongan dan sebagainya 

Alamat : Jl. Sidorejo Kota Semarang - Jawa tengah - Indonesia

Bisa contact No HP/WA

0812-8899-7680 atau 0813-8685-9437

Produk Kincir Tambak  kami mengeluarkan beberapa type Kincir untuk Petambak Udang dan Ikan. antara lain :

Kincir Wangjia 1HP/1Ph (220-280V) 2 Kipas.

Kincir Wangjia 1HP/3Ph (320-380V) 2 Kipas

Kincir Wangjia 2HP/3Ph (320-380V) - 4 Kipas

Nano Bubble Jet atau Jet aerator 2HP/3Ph.

Serta Aneka macam Sparepart Kincir seperti :

- Gearbox Cast Iron Mechanical seal 

- Gearbox Nylon 

- Kipas

- Pelampung

- Dudukan AS Kincir

- Kopel Kincir Stainless dan Cast iron

- Elektromotor / Dinamo 1HP/1Ph/3Ph - 2HP/3Ph

Untuk Oreder Online silahkan Klik Link berikut :

Order Online

Rabu, 21 April 2021

Oli untuk Kincir tambak

 Oli Kincir air untuk tambak

Untuk Keperluan Pelumasan Gigi pada Gearbox Kincir di Perlukan Oli, adapun jenis Oli yang cocok untuk Kincir yaitu Oli Mesran SAE-90 Pertamina (Oli Rored atau Oli Gigi), selalu gunakan oli standar agar Kincir tambak anda awet dan tahan lama.

Kegunaan Kincir Tambak dalam usaha Budidaya : 

Menciptakan air buatan dibuat lebih alami dan membuat tingkat DO di perairan secara teratur untuk menstabilkan proses biologis di sekitarnya.  

Membantu penyebaran obat jika ada perawatan kimia.  

Membantu dalam proses pencampuran karakteristik antara perairan kolam lapisan atas dan bawah.  

Membantu dalam proses pemupukan air.  

Membantu mengarahkan kotoran dasar tambak ke pembuangan pusat, sehingga mempermudah dalam proses pembersihan dasar kolam.

Kincir tambak yang terus berputar untuk menghasilkan kadar Oksigen terlarut didalam air memerlukan perawatan dan maintenance termasuk dalam penggunaan minyak Pelumas.

Gambar Terlampir :

Oli Kincir Tambak

Tutup Oli pada Gearbox Kincir










Toko Saprotam Jatim

 Toko Saprotam Jawa-timur

Jawa Timur (disingkat Jatimbahasa JawaHanacaraka: ꧋ꦗꦮꦮꦺꦠꦤ꧀, Pegon: جاوا Ùˆَيتانtranslit. JÃ¥wÃ¥ Wétanbahasa MaduraJhâbâ TèmorPegon: جٓبٓ تٰيمَور) adalah sebuah provinsi di bagian timur Pulau JawaIndonesia. Ibu kota Jawa Timur ialah kota Surabaya. Luas wilayahnya yakni 47.803,49 km², dengan jumlah penduduk sebanyak 40.665.696 jiwa (2020) dan kepadatan penduduk 851 jiwa/km2.[1]

Jawa Timur memiliki wilayah terluas di antara 6 provinsi di Pulau Jawa, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat. Jawa Timur berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Provinsi Jawa Tengah di barat. Wilayah Jawa Timur juga meliputi Pulau MaduraPulau BaweanPulau Kangean serta sejumlah pulau-pulau kecil di Laut Jawa (Kepulauan Masalembu), dan Samudera Hindia (Pulau Sempu, dan Nusa Barung).

Karena wilayahnya berbatasan dengan laut, maka banyak warga Jawa-timur melakukan kegiatan budidaya Udang Vanamei, seperti di pulau Madura, Banyuwangi, Tuban, Situbondo, serta kabupaten lainnya yang berada di pesisir laut Jawa.

Bagi para petambak Udang yang ingin membeli peralatan Sarana Produksi Tambak di wilayah Jawa timur bisa hubungi Toko Saprotam Jatim (0812-8899-7680)

Saprotam (Sarana Produksi Tambak) : Pusat Penjualan Aneka peralatan Sarana Produksi dan Budidaya Tambak Udang..

Agen Kincir Jatim

Agen Kincir Jatim

Distributor atau Agen Kincir untuk wilayah Jawa timur meliputi area : Surabaya, Tuban, Situbondo, Banyuwangi, Madura. dan sebagainya 

Alamat : Kompleks Pergudangan Margo Mulyo Permai. Surabaya Jawa-timur - Indonesia

Bisa contact No HP/WA

0812-8899-7680 atau 0813-8685-9437

Produk Kincir Tambak  kami mengeluarkan beberapa type Kincir untuk Petambak Udang dan Ikan. antara lain :

Kincir Wangjia 1HP/1Ph (220-280V) 2 Kipas.

Kincir Wangjia 1HP/3Ph (320-380V) 2 Kipas

Kincir Wangjia 2HP/3Ph (320-380V) - 4 Kipas

Nano Bubble Jet atau Jet aerator 2HP/3Ph.

Serta Aneka macam Sparepart Kincir seperti :

- Gearbox Cast Iron Mechanical seal 

- Gearbox Nylon 

- Kipas

- Pelampung

- Dudukan AS Kincir

- Kopel Kincir Stainless dan Cast iron

- Elektromotor / Dinamo 1HP/1Ph/3Ph - 2HP/3Ph

Lihat Gambar :

Agen Kincir Jatim




Jumat, 02 April 2021

Nano Bubble Fresh water

Nano Bubble Fresh water

SEKILAS TENTANG NANOBUBBLE


Nanobubble Indonesia adalah perusahaan manufaktur teknologi nanobubble pertama di Indonesia untuk pemanfaatan di bidang budidaya perikanan air payau dan air tawar. Teknologi kami menghasilkan gelembung berukuran nano (70-200 nm) untuk dapat secara signifikan meningkatkan kandungan gas (oksigen, karbondioksida, nitrogen, dll) di dalam ekosistem perairan. Perusahaan kami telah digunakan di sekitar 15 wilayah tambak/kolam kecil di Indonesia dan ekspor ke 2 negara (Malaysia & Korea). Kami senantiasa berkomitmen mengembangkan teknologi nano yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas untuk banyak sektor strategis di Indonesia dan Dunia.

Generator Nanobubble Freshwater (Nanofresh)  merupakan mesin yang menghasilkan gelembung air dan gas berukuran mikro-nanometer (~ 200 nanometer) di kolom perairan sehingga mampu meningkatkan kandungan oksigen terlarut di dalam air secara optimum. 

Nanofresh didesain dengan ukuran yang relatif mini (33x30x30 cm) dan menghasilkan debit air sebesar 30-40 LPM. Mesin ini mampu menghasilkan air nanobubble dengan kandungan oksigen terlarut sebesar 10-20 ppm.

Nanofresh dapat diaplikasikan pada berbagai komoditas perikanan air tawar seperti budidaya ikan sistem kolam terpal (ikan nila, lele, dll), kolam pemeliharaan ikan hias (ikan koi, koki, arwana dll), dan budidaya udang galah/lobster air tawar dengan cakupan area maksimum 50 m2.



BACA JUGA :




Kegunaan Kincir Tambak

 

Kegunaan Kincir Tambak

Kegunaan Kincir Tambak

Kegunaan Kincir Tambak

Peternakan udang itu sendiri adalah merupakan ekosistem di perairan buatan maupun alam tertutup yang membutuhkan perlakuan teknis budidaya yang dapat merangsang proses fisika, kimia dan biologi untuk menyeimbangkan ekosistem perairan. Keseimbangan ekosistem kolam tambak diharapkan bisa menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi udang seperti pada ekosistem alami.

Salah satunya yang memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan kondisi perairan tambak (terutama pada budidaya udang skala intensif) seperti yang disebutkan di atas adalah kincir air. Pemahaman dasar yang berkaitan dengan peran dan fungsi kincir air pada operasi tambak udang sangat dibutuhkan, sehingga roda air bisa memainkan peran optimal.

Fungsi kincir air itu sendiri di perairan buatan adalah untuk menciptakan aerasi. Aerasi adalah proses peningkatan kandungan oksigen di lingkungan air, dengan tujuan membuat organisme hidup di dalamnya tumbuh lebih sehat dan cepat.

Nutrisi atau pakan yang Anda tambahkan ke kolam menyebabkan meningkatnya kebutuhan oksigen di dalam air, terutama pada cuaca panas dimana tingkat DO (oksigen terlarut) lebih rendah, dan dapat menyebabkan kondisi yang dapat membunuh pertumbuhan udang dan pertumbuhan alga semakin meningkat.

Itu sebabnya dibutuhkan waterwheel/kincir air yang berguna untuk:

  1. 1. Menciptakan air buatan dibuat lebih alami dan membuat tingkat DO di perairan secara teratur untuk menstabilkan proses biologis di sekitarnya.

  2. 2. Membantu penyebaran obat jika ada perawatan kimia.

  3. 3. Membantu dalam proses pencampuran karakteristik antara perairan kolam lapisan atas dan bawah.

  4. 4. Membantu dalam proses pemupukan air.

  5. 5. Membantu mengarahkan kotoran dasar tambak ke pembuangan pusat, sehingga mempermudah dalam proses pembersihan dasar kolam.

  6. Kami menawarkan Kincir air tambak dengan berbagai type :

  7. - Kincir tambak 1hp-1ph

  8. - Kincir tambak 1hp-3ph

  9. - Kincir tambak 2hp-3ph

  10. - Nano Bubble Jet

  11. - Sparepart Kincir : Dinamo, Gearbox, Pillow block, Movable Joint, Kipas, Pelampung. Gear, dan lainnya.

  12. Untuk Informasi Klik

  13. www.tokopedia.com

Jumat, 25 Desember 2020

Cara Merawat Kincir Tambak Agar Tetap Optimal

Kincir tambak merupakan Paddle whell aerator yang sangat sering digunakan di Budidaya tambak. Guna kincir air pada tambak ialah untuk menyuplai oksigen (DO) ke dalam air, sehingga oksigen yang terlarut nantinya akan digunakan oleh udang / Ikan untuk bernapas.

Kincir air tambak harus mampu bekerja secara optimal terus menerus tanpa henti karena udang memerlukan oksigen setiap harinya selama proses budidaya berlangsung. Keberadaan kincir pada tambak sangat diperlukan terutama pada malam hari, karena diketahui bahwa kadar oksigen terlarut tambak pada malam hari mengalami penurunan.Untuk itu, melakukan perawatan terhadap kincir tambak dinilai sangat perlu guna menjaga kinerja kincir tetap optimal.

Perawatan kincir umumnya dapat dilakukan dengan mudah, untuk itu wajib bagi petambak untuk melakukannya secara rutin. 

Berikut ini cara merawat kincir tambak agar tetap optimal bekerja.

Setelah kincir selesai digunakan, biasanya setelah tambak panen, seka pasir dan padatan lain yang ada pada permukaan impeller. Tujuan melakukan pembersihan ini adalah agar kincir tidak mudah berkarat atau terkena korosi.

Saat kincir digunakan, pastikan bahwa tegangan listrik yang digunakan dalam keadaan stabil. Listrik yang stabil tentu membuat kinerja kincir lebih maksimal, dan membuatnya lebih awet. karena Supply Listrik ke Elektromotor stabil.

Rutin mengganti minyak pelumas roda gigi setelah kincir digunakan hingga lebih dari 300 jam kemudian dilanjutkan setiap 3600 jam kemudian. Mengganti minyak pelumas ini bertujuan untuk mengurangi efek kerusakan dari gesekan yang ditimbulkan, sehingga umur peredam pada kincir menjadi lebih panjang. anda bisa gunakan Minyak Pelumas Pertamina (Rored SAE-90) sekitar 750 ML.

Bersihkan juga pelampung pada kincir dari berbagai kotoran yang menempel, sehingga kincir pelampung tetap mengembang dengan baik dan kincir dapat terapung dengan stabil.

Kincir Air Tambak Berkualitas Prima dan Sahabat Petambak

Setelah mengetahui tips dan cara merawat kincir tambak dengan baik, alangkah lebih baiknya jika Anda menggunakan kincir air yang didesain memiliki kualitas tinggi. Kincir air tambak merk Wang Jia merupakan salah satu kincir terbuat dari komponen berkualitas tinggi dengan teknologi terbaru yang mampu memberikan suplai oksigen secara stabil selama proses budidaya berlangsung.

Dilengkapi dengan gear box berbahan titanium alloy model bevel gear (Gear for 9 Spline) membuat kincir ini mampu menghemat daya hingga 20 persen. Hal ini tentu membuat petambak lebih hemat dalam konsumsi listrik. Besi as pada kincir ini juga terbuat dari bahan stainless steel Sus #304 yang tahan terhadap korosi, tentu menjadikan kincir ini lebih awet dibandingkan dengan kincir tambak merk lainnya.

Selain itu, pelampung dari kincir ini juga terbuat dari plastik HDPE special (high density polyethylene) yang tahan terhadap paparan matahari langsung secara terus menerus tanpa takut mengalami keropos.

Cara Kerja Dinamo 1Phase (220V)

 

Cara Kerja Dinamo 1Phase (220V)

Motor dalam dunia kelistrikan ialah mesin yang digunakan untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Salah satu motor listrik yang umum digunakan dalam banyak aplikasi ialah motor induksi. Motor induksi merupakan salah satu mesin asinkronous (asynchronous motor) karena mesin ini beroperasi pada kecepatan dibawah kecepatan sinkron. Kecepatan sinkron sendiri ialah kecepatan rotasi medan magnetik pada mesin. Kecepatan sinkron ini dipengaruhi oleh frekuensi mesin dan banyaknya kutub pada mesin. Motor induksi selalu berputar dibawah kecepatan sinkron karena medan magnet yang dibangkitkan stator akan menghasilkan fluks pada rotor sehingga rotor tersebut dapat berputar. Namun fluks yang terbangkitkan oleh rotor mengalami lagging dibandingkan fluks yang terbangkitkan pada stator sehingga kecepatan rotor tidak akan secepat kecepatan putaran medan magnet. Berdasarkan suplai input yang digunakan, motor induksi dibagi menjadi dua jenis, yaitu motor: induksi 1 fasa dan motor induksi 3 fasa. Dalam artikel ini hanya akan dijelaskan mengenai motor induksi 1 fasa, namun untuk prinsip kerjanya sendiri kedua jenis motor induksi tersebut memiliki prinsip kerja yang sama. Yang membedakan dari kedua motor induksi ini ialah motor induksi 1 fasa tidak dapat berputar tanpa bantuan gaya dari luar sedangkan motor induksi 3 fasa dapat berputar sendiri tanpa bantuan gaya dari luar.

Konstruksi Motor Induksi Satu Fasa



Terdapat 2 bagian penting pada motor induksi 1 fasa, yaitu: rotor dan stator. Rotor merupakan bagian yang berputar dari motor dan stator merupakan bagian yang diam dari motor. Rotor umumnya berbentuk slinder dan bergerigi sedangkan stator berbentuk silinder yang melingkari seluruh badan rotor. Stator harus dilengkapi dengan kutub-kutub magnet dimana kutub utara dan selatan pada stator harus sama dan dipasang melingkari rotor sebagai suplai medan magnet dan kumparan stator untuk menginduksi kutub sehingga menciptakan medan magnet. Stator umumnya dilengkapi dengan stator winding yang bertujuan membantu putaran rotor, dimana stator winding dilengkapi dengan konduktor berupa kumparan. Selain itu, stator juga dilapisi dengan lamina berbahan dasar silikon dan besi yang bertujuan untuk mengurangi tegangan yang terinduksi pada sumbu stator dan mengurangi dampak kerugian akibat munculnya arus eddy (eddy current) pada stator. Rotor umumnya dibuat dari alumunium dan dibuat bergerigi untuk menciptakan celah yang akan diisi konduktor berupa kumparan. Selain itu, rotor juga dilapisi dengan lamina untuk menambah kinerja dari rotor yang digunakan. Masing-masing komponen dipasang pada besi yang ditunjukkan seperti pada gambar berikut:

Prinsip Kerja Motor Induksi 1 Fasa



Misalkan kita memiliki sebuah motor induksi 1 fasa dimana motor ini disuplai oleh sebuah sumber AC 1 fasa. Ketika sumber AC diberikan pada stator winding dari motor, maka arus dapat mengalir pada stator winding. Fluks yang dihasilkan oleh sumber AC pada stator winding tersebut disebut sebagai fluks utama. Karena munculnya fluks utama ini maka fluks medan magnet dapat dihasilkan oleh stator.


Misalkan lagi rotor dari motor tersebut sudah diputar sedikit. Karena rotor berputar maka dapat dikatakan bahwa konduktor pada rotor akan bergerak melewati stator winding. Karena konduktor pada rotor bergerak relatif terhadap fluks pada stator winding, akibatnya muncul tegangan ggl (gaya gerak listrik) pada konduktor rotor sesuai dengan hukum faraday. Anggap lagi motor terhubung dengan beban yang akan dioperasikan. Karena motor terhubung dengan beban maka arus dapat mengalir pada kumparan rotor akibat adanya tegangan ggl pada rotor dan terhubungnya rotor dengan beban. Arus yang mengalir pada rotor ini disebut arus rotor. Arus rotor ini juga menghasilkan fluks yang dinamakan fluks rotor. Interaksi antara kedua fluks inilah yang menyebabkan rotor didalam motor dapat berputar sendiri. Perlu diingat bahwa pada kondisi awal diasumsikan rotor sudah diberi gaya luar untuk menggerakkan konduktor pada rotor, karena jika tidak maka rotor akan diam terhadap fluks pada kumparan stator sehingga tidak terjadi tegangan ggl pada kumparan rotor, sesuai dengan hukum faraday.

Sebelumnya telah dibahas mengenai adanya arus stator yang mengakibatkan munculnya arus pada rotor karena hukum faraday. Masing-masing arus menghasilkan fluks yang mempengaruhi rotor. Bagaimana fluks tersebut mempengaruhi kecepatan putaran rotor akan dibahas pada paragraf ini. Arus stator akan menghasilkan fluks utama, sedangkan arus pada rotor menghasilkan fluks pada rotor. Masing-masing fluks ini akan mempengaruhi arah putaran rotor, hanya saja arah keduanya berlawanan. Sesuai hukum lorentz, apabila kita memiliki sebuah kabel yang dialiri arus dan terdapat fluks medan magnet disekitar kabel tersebut maka akan terjadi gaya pada kabel tersebut. Karena besarnya fluks pada stator dan rotor relatif sama maka gaya yang dihasilkan juga sama. Namun karena arah gaya yang berbeda mengakibatkan rotor tidak berputar akibat kedua gaya yang saling menghilangkan. Hal ini juga yang mengakibatkan motor induksi perlu diputar sedikit, agar salah satu gaya yang dihasilkan oleh fluks lebih besar daripada yang lainnya sehingga rotor dapat berputar.

Jenis-Jenis Motor Induksi Satu Fasa

Motor induksi satu fasa ini memiliki 4 jenis berdasarkan bagaimana motor ini diaktifkan sendiri (self-starting).

Motor Induksi Split-Phase

Motor Jenis ini menggunakan kapasitor di salah satu stator windingnya, dimana besarnya kapasitas dari kapasitor sebisa mungkin dibuat kecil. Misalkan kita memiliki sumber arus 2 fasa dan sumber ini disambungkan pada motor jenis ini, maka arus yang mengalir pada salah satu winding akan membesar dan mengalami pergeseran fase. Akibat 2 hal tersebut, motor akan dapat berputar karena perbedaan fluks dari masing-masing winding. Torsi yang dihasilkan umumnya dapat mencapai kecepatan maksimum dari motornya. Motor jenis ini sering dipakai pada beban 200W. Peletakan kapasitor sangat berpengaruh pada rangkaian ini karena dapat mengubah aras fluks yang dihasilkan dan sebagai akibatnya mengubah arah putaran rotor.

Motor Induksi Capasitor-Start

Motor jenis ini kurang lebih sama dengan motor induksi tipe split-phase. Perbedaannya ialah adanya switch yang dipasang antara salah satu stator winding dan kapasitor. Kondisi dari switch akan menjadi close saat motor mulai berputar dan menjadi open ketika motor mulai mencapai kecepatan yang diinginkan. Umumnya belitan pada winding yang diserikan dengan kapasitor dibuat lebih banyak untuk mencegah panas berlebihan pada winding tersebut. Motor jenis ini dipakai pada alat elektronik yang memakan daya tinggi seperti AC.

Motor Induksi Capacitor-Run

Perbedaan motor tipe ini dengan motor sebelumnya ialah adanya kapasitor yang besar yang di-paralel dengan switch dan kapasitor lainnya (yang kecil). Umumnya motor induksi tipe ini bekerja pada torsi yang lebih tinggi sama seperti motor sebelumnya, hanya saja arus yang mengaliri motor cukup kecil.

Motor Induksi Shaded Pole

Motor ini memiliki nama Shaded Pole karena 1/3 dari kutub pada stator ditutup dengan tembaga untuk menghasilkan perbedaan sudut fluks yang lebih besar. Akibat perbedaan ini, rotor pada motor dapat berputar dengan mudah. Kedua winding pada motor tipe ini tersambung paralel secara langsung (tanpa ada komponen lain), namun pada salah satu winding diberikan coil tap untuk mengatur kecepatan motor. Motor tipe ini memiliki torsi starting yang sangat rendah sehingga sering digunakan pada alat-alat elektronik disekitar kita, seperti kipas angin.

Baca Juga : Video-cara-membuat-electromotor

 
Blogger Templates